Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri

Selamat siang.. balik lagi dengan admin ganteng dari blog ini.... :p
Sudahkah teman-teman mengetahui manfaat mempergunakan email dengan nama domain sendiri ?
Setelah mengetahuinya maka teman-teman bisa membuatnya dengan cara yang sangat mudah.
Yang diperlukan hanya:
  1. Nama domain sendiri.
  2. DNS Hosting gratis yang menyediakan email forwarding gratis, dalam hal ini adalah Cloudns.
  3. Account email @gmail.com.
Sebagai contoh pada artikel ini adalah:
  • Email dengan nama domain sendiri adalah: catch@semutkecil.com
    Yang mana alamat email ini nantinya akan menjadi alamat email yang terus akan Anda pergunakan dan informasikan kepada teman, rekan kerja, dsb.
  • Email @gmail.com adalah: xxxxxx@gmail.com
    Alamat email @gmail.com ini hanya berada di belakang layar, alias tidak perlu Anda informasikan kepada siapapun.
Yang pertama-tama tentunya memiliki nama domain sendiri bagi yang belum memilikinya.

A. Pengaturan Pada Cloudns
Setelah memiliki nama domain sendiri maka langkah berikutnya adalah setting pada Cloudns, yaitu:
  1. Daftar account pada Cloudns. Setelah itu tambahkan nama domain Anda.
  2. Pada menu pengelolaan DNS, klik “Add new record“.
  3. Tambahkan MX record, dengan isian:
    Type: MX
    Host: (Kosongkan saja)
    Points to: mailforward1.cloudns.net
    MX priority: 5
    Lalu klik “Save“.
  4. Klik kembali “Add new record” dan tambahkan:
    Type: MX
    Host: (Kosongkan saja)
    Points to: mailforward2.cloudns.net
    MX priority: 10
    Kemudian klik “Save“.
  5. Setelah terlihat kedua MX Record telah ditambahkan, maka klik “Mail forwards“.
  6. Klik “Add new forward“.
  7. Lalu masukkan alamat email dengan nama domain sendiri yang Anda inginkan pada “Mail box” dan alamat email @gmail.com Anda pada “Forward to“, lalu klik “Save“.
  8. Lalu akan muncul kolom “Mail forwards” yang berisikan alamat email yang telah Anda tambahkan.
  9. Ulangi langkah ke 6 jika Anda ingin menambahkan alamat email lain.
Selesai untuk setting di Cloudns!
Berikutnya adalah matikan komputer dan tidur. :)
Betul, saya tidak bohong. :)
Setelah pengaturan diatas maka dibutuhkan waktu agar pengaturan tersebut bisa ter-update ke seluruh dunia, dimana ini dinamakan Masa Propagasi.

B. Pengaturan Pada Gmail

Setelah Masa Propagasi maka selanjutnya adalah melakukan setting pada Gmail, dengan langkah-langkah yang juga sangat mudah, yaitu:
  1. Login ke Gmail.com.
  2. Pada pojok kanan atas, klik gambar Roda Bergerigi, lalu klik “Settings“.
  3. Klik “Accounts and Import”.

    Lalu klik “Add another email address you own“.
  4. Pada menu “Enter information about your other email address.“, silahkan isikan nama Anda pada bagian “Name” dan alamat email yang menggunakan nama domain Anda sendiri pada bagian “Email Address“.
  5. Saat muncul pertanyaan “Send mail through your SMTP server?“, silahkan pilih “Send through Gmail (easier to set up)“, lalu klik “Next Step“.
  6. Pada “Verify your email address“, klik “Send Verification“.
  7. Akan muncul “Confirm verification and add your email address“, lalu klik “Close window“.
  8. Silahkan menuju “Inbox” dari email @gmail.com Anda dan buka email dari “Gmail Team“, dengan awalan subject “Gmail Confirmation“.
    Email tersebut berisi kurang lebih:
    You have requested to add catch@semutkecil.com to your Gmail account.
    Confirmation code: 79797988
    Before you can send mail from catch@semutkecil.com using your Gmail account (xxxxxx@gmail.com), please click the link below to confirm your request:
    https://mail.google.com/mail/8cg232-catch%40semutkecil.com-KsD2dseRriE
    If you click the link and it appears to be broken, please copy and paste it into a new browser window. If you aren’t able to access the link, please log in to your Gmail account, and click ‘Settings’ at the top of any page. Open the ‘Accounts’ tab, and locate the email address you’d like to add in the ‘Send mail as:’ section. Then, click ‘Verify,’ and enter your confirmation code: 79797988
    Thanks for using Gmail!
    Sincerely,
    The Gmail Team
    Silahkan klik pada link di email tersebut. Ingat ya, yang di klik adalah link pada email yang Anda terima, bukan pada contoh di artikel ini. :)
  9. Setelah link pada email tersebut di klik, maka akan muncul halaman “Confirmation Success!“.
Yup, setting di Gmail sudah selesai!
Menggunakannya juga sangat mudah. Saat Anda mengirimkan email, maka bagian “From” tinggal dipilih yang “catch@semutkecil.com”.
Cara kerja email tersebut adalah:
  1. Anda memberikan informasi bahwa alamat email Anda adalah catch@semutkecil.com, sehingga semua relasi dan teman Anda mengirimkan email ke alamat ini.
  2. Email akan diterima oleh Cloudns dan diteruskan secara otomatis ke xxxxxx@gmail.com.
  3. Anda tinggal membaca email tersebut pada xxxxxx@gmail.com.
  4. Saat Anda ingin mengirim email, Gmail akan memberikan pilihan merubah “From” address menjadi catch@semutkecil.com, bukan @gmail.com, sehingga penerima email tetap melihat email Anda adalah catch@semutkecil.com.
Sangat mudah bukan ?
Semoga tutorial ini bisa memberikan manfaat. :)

Previous
Next Post »
Thanks for your comment